Diberdayakan oleh Blogger.

Pada masa era globalisasi seperti sekarang ini sangat penting bagi kita untuk dapat berbicara bahasa asing, minimal Bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional.  Salah satu kendala yang menyebabkan kita kurang percaya diri dalam berkomunikasi dalam Bahasa Inggris adalah karena tenses bahasa inggris. 


Tenses artinya bentuk-bentuk tata bahasa yang disesuaikan dengan waktu yang akan mempengaruhi kata kerja dan kata bantu dan Bahasa Inggris memiliki 16 jenis bentuk tenses, tetapi yang umum digunakan berjumlah 12. Lalu perlukah kita menghafalkan semua jenis tenses itu agar bisa menguasai Bahasa Inggris dengan baik?

Haruskan kita menghafal Tenses?

Jawabannya tergantung dari tujuan Anda mempelajari Bahasa Inggris. Jika Anda mempelajari Bahasa Inggris dengan tujuan untuk bisa melakukan komunikasi sehari-hari praktis dengan lancar dengan orang asing, maka yang Anda perlukan adalah lebih banyak menghafalkan kata-kata dan ungkapan komunikatif.
Ungkapan komunikatif artinya kalimat-kalimat praktis yang berguna untuk berkomunikasi secara sederhana dalam kehidupan sehari-hari antara Anda dan penutur asli.

Cara mudah belajar Tenses Bahasa Inggris.



·         Membagi bagian-bagian yang termasuk ke dalam tenses bahasa inggris, yang terdiri dari present tenses, past tenses serta future tenses. Lakukan dengan metode pengulangan latihan menulis, berbicara serta pemahaman visual

·         Akan lebih mudah bila Anda langsung terjun ke masyarakat yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Ibu. Bila Anda sudah terbiasa berbicara dan mendengar kalimat-kalimat dalam Bahasa Inggris, Anda akan paham tenses kalimat secara otomatis.

Dengan cara ini, tentu Anda akan lebih cepat menguasai komunikasi secara lisan daripada tulisan.  Tetapi bila Anda mempelajari Bahasa Inggris dengan tujuan untuk mengikuti tes, seperti TOEFL misalnya, Anda tentu harus lebih banyak mempelajari tata bahasa dan banyak berlatih mengerjakan soal agar Anda dapat mencapai skor yang Anda inginkan.

Tidak ada salahnya mempelajari dan menghafalkan bentuk-bentuk tenses bahasa inggris untuk bisa menguasai Bahasa Inggris dengan baik. Tetapi dalam berkomunikasi jangan sampai peraturan-peraturan yang sudah kita hafalkan itu membuat kita susah berbicara karena terobsesi mengucapkan kalimat dengan bentuk waktu yang benar. Asalkan kita sudah menggunakan kata kerja, kata benda, dan kata sifat yang benar, orang asing yang berkomunikasi dengan kita tentu memahami maksud kita walaupun tata bahasanya tidak sempurna.
             

Posting Komentar